Saturday 25 June 2016

Kapitan Pattimura atau Ahmad Lussy ?

Upaya Pengaburan Sejarah Masih Terus Berlangsung terhadap Pahlawan  Pahlawan Indonesia.Salah Satu nya Terjadi pada Kapitan Pattimura.

Nama Aslinya adalah Ahmad Lussy, berbeda dengan buku buku sejarah yg menuliskan bahwa nama nya adalah Thomas Mattulessy yg di Identitikan dengan nama kristian.

Perlawanan nya terhadap Kolonial Belanda, membuat ia ditangkap dan dijatuhi hukuman Gantung. Ahmad Lussy Mati Syahid di Tiang Gantung pada 16-Desember-1817


Sebelum ia digantung, Ahmad Lussy sempat mengatakan Ucapan Tamsil yg berbunyi : "Saya katakan kepada kamu sekalian (bahwa) saya adalah beringin besar dan setiap beringin besar akan tumbang tapi beringin lain akan menggantikan nya. (demikian pula) saya katakan kpd kamu sekalian (bahwa) saya adalah batu besar dan setiap batu besar akan terguling tapi batu lain akan menggantikannya".

Ahmad Lussy atau dlm Bhs Maluku Mat Lussy Lahir di Hualoy, Seram Selatan ( Bukan Saparua seperti yg dikenal dlm Versi Sejarah Pemerintah ). Ia Bangsawan dari Kerajaan Islam Sahulau yg saat itu di perintah oleh Sultan Abdurrahman. Sultan ini pula dikenal dgn Sebutan Sultan Kasimillah ( Kazim Allah / Asisten Allah ). Dlm Bhs Maluku Kasimiliali.

Ahmad Lussy adalah Muslim yg Taat, Selain Keturunan Bangsawan ia Juga Ulama. Data di Sejarah Menyebutkan Bahwa pada Masa itu semua Pemimpin Perang di Kawasan Maluku Adalah Bangsawan ataupun Ulama, atau Keduanya.


Baca Juga : Manusia Evolusi Kera ?

No comments:

Post a Comment